SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGEMBANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siskha Putri Sayekti STAI Al-Hamidiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.21

Keywords:

SLR, Asesmen Pembelajaran, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Perkembangan Pendidikan abad ke 21 memberikan pembaharuan kurikulum dalam sistem Pendidikan di Indonesia. Pada pembaharuan kurikulum ini, bagian asesmen dalam pembelajaran merupakan salah satu yang penting harus dipelajari. Penelitian yang paling dominan dirancang adalah kualitatif. Selain itu, subjek dan objek yang ditentukan merupakan sekolah tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan analisis konten pada sejumlah artikel yang telah dipublikasikan berkaitan dengan asesmen pembelajar pada kurikulum merdeka belajar tingkat sekolah dasar. Test dan t-test secara serial adalah instrument yang paling umum digunakan dan metode analisa data. Hasil temuan dalam penelitian ini, beberapa rekomendasi telah diusulkan untuk penelitian mendatang yang mendasari asesmen pembelajaran kurikulum merdeka belajar.

Downloads

Published

27-12-2022

How to Cite

Siskha Putri Sayekti. (2022). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGEMBANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TINGKAT SEKOLAH DASAR . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.21