PENERAPAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG

Authors

  • Lis Pita Ilindia STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Hidayatullah STKIP Muhammadiyah Pagar Alam
  • Reza Lestari STKIP Muhammadiyah Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.23

Keywords:

Student Teams Achievement Division (STAD), Profil Pelajar Pancasila, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Dalam proses pembelajaran dibutuhkan yang namanya strategi pembelajaran atau yang sering disebut dengan rencana pembelajaran. Apalagi di zaman sekarang dimana peradaban semakin berkembang dibutuhkan strategi-strategi baru yang dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat dilakukan oleh seorang guru yaitu dengan menerapkan metode pembelaran seperti metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode kooperatif dimana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tujuan agar siswa terlibat aktif dan menguasi materi yang sedang dipelajari. Setelah siswa mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) ini secara tidak langsung siswa akan memiliki ciri atau sikap yang terdapat dalam profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila merupakan suatu upaya yang dilakukan pemerintah untuk membentuk pelajar Indonesia agar memiliki sifat yang berdasarkan pancasila seperti sikap mandiri, gotong royong, bernalar kritis, kreatif dan sikap atau profil pelajar pancasila lainnya.

Downloads

Published

27-12-2022

How to Cite

Lis Pita Ilindia, Hidayatullah, & Reza Lestari. (2022). PENERAPAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 123–128. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.23