PERAN PENDIDIKAN NILAI PANCASILA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SANTUN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Devita Cornelia Universitas PGRI Madiun
  • Pantriagung Mardya Kusuma Universitas PGRI Madiun
  • Dian Permatasari Kusuma Dayu Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.25

Keywords:

Pendidikan Anak, Orang Tua, Masyarakat

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk menciptakan generasi bangsa Indonesia saat ini. Pendidikan karakter guru mengajarkan kepada peserta didik yang harus memiliki sikap, perilaku, dan moral yang baik. Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan warga negara dengan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yakni nilai ketaqwaan, nilai kejujuran, nilai kepedulian, nilai etika dan sopan santun. Pendidikan karakter berdampak pada pembentukan cara pandang siswa terhadap berbagai hal dan dari berbagai sudut pandang. Peran pendidikan Pancasila disini menekankan pada nilai-nilai keteladanan bersikap sopan dan santun dengan meningkatkan sisi religious siswa, memberikan bimbingan, dan melatih ketaatan siswa sekolah dasar, patuh terhadap tata krama, norma, membangkitkan rasa cinta terhadap tanah air, demokratios, peduli lingkungan, dan mengajarkan peduli sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-sosial metodenya adalah wawancara dan observasi. Hasilnya adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan di masyarakat dan permasalahan yang sering dihadapi oleh orang tua dan yang mengalami dampaknya.

Downloads

Published

27-12-2022

How to Cite

Devita Cornelia, Pantriagung Mardya Kusuma, & Dian Permatasari Kusuma Dayu. (2022). PERAN PENDIDIKAN NILAI PANCASILA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SANTUN SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 40–44. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.25