INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL GUNA MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Alfina Nurfauziah P Universitas PGRI Madiun
  • Lintang Tri Ayu Universitas PGRI Madiun
  • Hamida Suciana Universitas PGRI Madiun
  • Rini Satria Gulo Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.33

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Inovasi, Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, akan lebih seimbang jika peserta didik juga memahami dan bisa berjalan bersamaan dengan perkembangan yang ada. Dengan adanya Profil Pelajar Pancasila adalah satu bentuk penguatan yang diberikan kepada siswa sehingga dapat berkompetisi dan memiliki kompetensi global disamping itu tetap mempunyai karakter Pancasila dalam dirinya. Profil pelajar Pancasila merupakan karakter dan kompetensi yang harus dimiliki oleh pelajar Indonesia baik pada saat pembelajaran maupun dilingkungan masyarakat. Salah satu inovasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat digunakan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila adalah model pembelajaran kontekstual. Pembelajaran konstektual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan dengan penerapannya dalam sehari-hari. Melalui pembelajaran konstektual siswa dapat melakukan pengamatan dan melakukan analisis karena materi yang diberikan berkaitan dengan kehidupan nyata. Menyadari hal tersebut, kami menyusun artikel ini dengan tujuan untuk menjelaskan tentang pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Metode yang kami gunakan yaitu metode kajian pustaka (library Research).
Kata Kunci: Pembelajaran konstektual, Inovasi, Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan

Downloads

Published

31-12-2022

How to Cite

Alfina Nurfauziah P, Lintang Tri Ayu, Hamida Suciana, & Rini Satria Gulo. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL GUNA MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.33