KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERITA TRAGEDI KANJURUHAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI

Authors

  • Ifin Tri Wilujeng Universitas PGRI Wiranegara
  • Badriyah Wulandari Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.20

Keywords:

Pemahaman Bacaan, Teks Berita, Metode Resitasi

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang identik dengan teks bacaan. Salah satunyaadalahteksberita yang merupakan teks yang berisikan suatu fakta atau opini aktual yang menarik dan akurat serta dianggap penting bagi sebagian besar pendengar maupun pembaca. Banyak siswa yang sering salah pemahaman ketika membaca teks berita. Berbagai cara dilakukan oleh guru agar siswa mampu untuk memahami bacaan dalam teks berita. Salah satu metode yang dapat membantu permasalah ini dengan pemanfaatan metode resitasi. Metode resitasi merupakan metode yang dilakukan oleh guru dengan menyajikan materi pembelajaran dan memberikan tugas sesuai dengan pembahasan materi yang telah dilaksanakan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Pasuruan terhadap bacaan teks berita. Teks berita yang digunakan dalam penelitian ini terdapat di koran Jawa Pos Edisi 25 Oktober 2022. Peneliti menggunakan teknik wawancara, kegiatan observasi, dan dokumen dokumen pendukungyang dibutuhkan untuk mengumpulkan data selama penelitian. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode resitasi dapat menjadi inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan teks berita.

Downloads

Published

27-12-2022

How to Cite

Ifin Tri Wilujeng, & Badriyah Wulandari. (2022). KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERITA TRAGEDI KANJURUHAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.20