STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL DENGAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS EKSPOSISI
DOI:
https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.22Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Kahoot, Kemampuan MenyimakAbstract
Strategi yang perlu dibuat oleh pendidik setiap tahunnya dalam kegiatan belajar dan mengajar memancing kreativitas pendidik guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik terutama pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan dasar dalam berbahasa sendiri terdiri atas menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Menyimak menjadi kemampuan paling dasar di antara empat kemampuan berbahasa lain. Peningkatan kemampuan menyimak peserta didik menjadi poin penting yang perlu diperhatikan oleh pendidik sebelum beranjak ke kemampuan berbahasa lain, untuk itulah penggunaan pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan media Kahoot belum pernah dilakukan. Peneliti bertujuan mencari tahu strategi pembelajaran kontekstual teks eksposisi dengan media Kahoot. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penilitian deskriptif dengan menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini berupa stategi pembelajaran kontekstual dengan menerapkan konsep Bern dan Erickson yaitu pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) teks eksposisi dengan menggunakan tujuh komponen utama yaitu (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), komunitas belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), penilaian yang riil (authentic assessment).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.